u go-blog

IF YOUR RELIGION DOESN'T CHANGE YOU,

THEN YOU SHOULD CHANGE YOUR RELIGION


Thursday, June 23, 2005

Mary Shelley 

Lagi bosan dikantor, tiba-tiba ingat akan satu nama, Mary Wollstonecraft Shelley atau yang lebih dikenal dengan Mary Shelley. Dia adalah pengarang novel Frankenstein.
Novel yang bercerita tentang bagaimana Victor Frankenstein menciptakan suatu makhluk, lebih tepatnya monster, karena semua bagian anggota tubuhnya merupakan transplantasi dari tubuh mayat yang di comot dari sana sini.
Novel ini begitu brilian, karena ditulis oleh Mary Shelley pada abad ke 18, waktu dia baru berumur 19 tahun!
Bagaimana proses penciptaan, menghidupkan, sampai pembalasan dendam sang monster digambarkan begitu rinci oleh pengarangnya.
Begitu luar biasa imajinasi Mary Shelly untuk ukuran seorang perempuan pada masanya.
Dimana semuanya masih serba terbatas, baik dari segi teknologi ataupun literatur yang dapat menjadi referensi bagi Mary Shelly dalam proses kreatif penulisan novelnya tersebut.
Kalau seandainya novel tersebut ditulis pada abad 20, mungkin akan berbeda kekaguman saya terhadap Mary Shelly. Dimana hasil riset para ilmuwan tersebar dimana-mana yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah sebagai acuan.
What a genius woman at her era
Pertama kali baca novel ini kira-kira 7 tahun yang lalu, tapi masih tergambar dengan jelas di kepala, bagaimana pengembaraan dan penderitaan sang monster dalam upaya balas dendam terhadap 'penciptanya', hhmm...jadi pengen baca lagi.





Post a Comment

[Top]