u go-blog

IF YOUR RELIGION DOESN'T CHANGE YOU,

THEN YOU SHOULD CHANGE YOUR RELIGION


Monday, July 25, 2005

Masa panen 


Dalam perjalanan ke Bandung dari Jakarta Sabtu kemaren, di daerah Cikampek sana terbentang hamparan padi yang menguning, berkilauan tertimpa cahaya matahari siang, siap untuk dipanen.

Jadi teringat akan masa kecil dulu dikampung, waktu nenek masih hidup. Setiap kali akan panen, nenek selalu mengundang kita, cucu-cucunya untuk ikut ke sawah. Entah itu hanya sekadar untuk meramaikan acara panenan, makan bersama, main-main dilumpur atau membantu nenek mempersiapkan makan siang buat para bapak-bapak yang memanen padi setelah lelah bekerja dari pagi.

Kalau waktu makan siang tiba, aku dan sepupu-sepupuku biasanya makan bareng, terpisah dari para orang tua, biar bisa makan banyak dan gak jaim. Kita gelar tikar diatas tumpukan jerami, biar gak gatal-gatal terkena jerami. Menu wajib yang selalu dimasak oleh nenek adalah : balado telor (biasanya telor bebek, enak banget), balado kentang dan teri, gulai nangka, gulai jengkol, ikan gabus dan pastinya ada kerupuk kulit.

Habis makan siang, aku dan sepupuku biasanya tidur-tiduran sambil main tebak-tebakan, tapi pada akhirnya pasti ketiduran. Karena gak kuat melawan belaian angin sepoi-sepoi yang membuat mata tambah berat, apalagi habis makan. Minum kopi satu gelaspun gak ngefek jadinya.

Sehabis tidur siang, kita biasanya main lempar-lemparan lumpur. Gak peduli apa kata nyokap bokap, yang penting kita bisa basah-basahan, kotor-kotoran kena lumpur. Puas main, kita biasanya ikut ngebantu ngangkut padi ke rumah nenek, cuma beberapa kali bolak-balik. Habis itu kita pura-pura capek, biar gak disuruh-suruh lagi (dasar anak kecil).

Habis itu mandi, cuma pakai cd doang (kan masih kecil), main siram-siraman air, sambil diteriakin nyokap bokap takut kalau-kalau ntar telinganya kemasukan air.

minum

Acaranya penutupnya adalah makan malam bareng ama nenek, kakak-kakakku, sepupu-sepupuku dan bokap nyokap. Habis itu pulang dan tidur nyeyak diselingi dengan mimpi-mimpi indah.
Kenangan masa kecil yang begitu indah dan tidak akan terlupakan.



Post a Comment

[Top]